For One of My Best Friend ..

gw sadar,, bahwa semua yang hidup itu pasti akan mati..
gw juga sadar bahwa semuanya, itu sudah diatur oleh-Nya,,
tapi gw masih gk sadar dengan kabar kalo lw udah gk ada,
gw masih gk sadar dengan kabar yang gw terima di pagi hari, kabar yang menyatakan bahwa lw udah di panggil ke alam lain,,
gw masih inget banget dengan jelas, dimana kita bareng mbek sama pahreza, maen wii di kamar gw sampe menjelang subuh,,
gw juga inget bahwa sebelumnya kita makan jagung bakar, kita masih sempet ngejek2 orang songong yang lewat sambil bawa kendaraannya, kita juga sempet ngomongin ce yang pacarnya ternyata gk banget,,
gw inget juga liburan sebelumnya, kita maen lagi di ciputra, maen aer kayak anak kecil, dan lagi ber4, dengan mbek ama pahreza, gw juga inget gimana lu bisa turun jalan kaki dari perosotan aer, gw gk bsa nahan ketawa gw saat itu,,
gw inget bahwa kita dulu pernah jadi perangkat kelas yang kompak, lu ketua kelas, gw wakil, walopun yang kerja lu semua,, tapi kita menikmati hal itu..
gw inget waktu lu siang2 minjem motor gw buat kencan sama heni, demi belain2 bisa kencan, dan akhir nya gw juga yang harus nganterin lu pulang pas malem,,
gw juga inget ketika kelas sma, lu belain2 pake uang spp untuk kencan bareng tisa,, makan di kfc bertiga walopun gw di taro di meja paling pojok, dan lu beduaan sama dia..
gw inget ketika kita habis jalan2, pasti kita mampir dulu k buton buat curi2 pandang di rumah tisa,, hehehehe,,
gw inget ketika ketika ketemu tisa di toko, lu harus nyumput2 karena gk mau bkin orang lain sakit hati,,
bahkan gw inget ketika kita bela2in cari kemeja buat perpisahan sma, dengan niat nongkrong, malah jadi gosong karena naek motor…
seharusnya gw punya banyak kenangan bareng lu,,

tapi sekarang gw diingatkan kembali ram, kalo kenyataannya, semua itu cuma tinggal kenangan,,
lu udah pergi duluan ninggalin kita, temen2 lu, sahabat2 lu, bahkan keluarga lu,,
kalo lu di sana bisa buka facebook, coba deh buka, gw yakin lu bakal sama terharunya kayak gw, tapi lu bakal pura2 tegar dan mau nangis,,

Buat ketua kelas gw, sobat gw, teman baik gw, saudara gw, teman main gw walopun gw jarang di rumah, selamat jalan Rama,,
terima kasih buat semua kenangan2 indah selama ini, gw cuma bisa mendoakan semoga lu tenang di sana, semoga amal ibadah lu diterima oleh-Nya, dan dihapuskan segala dosa2 lu,,

ammmiinnnn ..

My 2nd Portable Headphone ..

yahoooo,, seharian ini lumayan menyenangkan .. why ??
just because, i’ve got my v-Jays, finally .. fiuuhhh …

yap, v-Jays, sekilas emank kayak nama2 india gitu, tapi ternya sih Jays itu dibuat di Swedia, jadi gk ada sangkut pautnya sama India ..


jadi, sebelumnya gw udah ngefans banget sama nih portable headphone sebelum gw beli si putih ATH-SJ3, cuma dikarenakan harganya yang menurut gw waktu itu masih gk masuk akal untuk sebuah headphone, gw urungkan niat gw.. selang 6 bulan sejak pembelian si SJ3, dan lagi asik2 nya buka aud-id, tiba nemu sebuah link mantep banget, ini link nya, setelah gw baca2 itu lagi, hasrat gw buat beli si v-Jays timbul lagi, tanpa babibu lagi, gw langsung cek harga, cek kondisi keuangan buat nebus si keren v-Jays,,
well, setelah berbagai usaha dan upaya dilakukan buat nebus ni headphone, ngebut2 k TP buat ambil headphone, ngebut2 lagi ke kampus, unbox-ing v-jays, dan setelah rebut2an ama anak2 ebis, akhirnya gw berkesempatan buat ngejajal cans satu ini..
pertama pasang, enak, nyaman, kecil, dan ringa,, woooww… Lalu selanjutnya play dari iTunes, Yellowcard –  Light Up The Sky,, .. .. .. .. .. . . . . .. . . . . ………       … .. . . . . . . . . . . .
*sensor* asik banget lagunya, suara yang keluar benar2 asik, mantep, bass bulet, mid asoy, high nya,, overall,, wooooooooooooooooooooooooooowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww ..
gk menyesal gw dengan pilihan gw, ini bener2 protable headhone idaman, suka banget gw, bahkan kuping gw tahan make ini berjam2, padahal kalo pake SJ3, 3o menit aja udah panas kuping gw …

yang jelas, v-Jays bener2 FUN buat musiknya, n I love it .. ^^

curhat semester 7 dan resolusi untuk kedepannya ..

hello mamen …
gile, ini blog kagak keurus banget nih .. hahahaha ..

well, sekedar info, sekarang gw berada pada semester 7, dimana semester ini menentukan hidup mati gw, emank agak lebay sih, tapi kenyataanya emank gitu,, normal ato egknya gw lulus ditentukan oleh semester ini ..
yup, tapi menurut gw sih, semester ini gk begitu jelek2 amat, cukup menyenangkan kalo gw bilang, banyak hal baru yang gw dapet, misal, lab baru, hp baru, pacar baru (ups, yang ini udah lama ko) hehhehe ..

Lab baru ?? yes, maksud nya gw cuma pindah lab, dari LPSI ke E-Bis, padalah gw belum ngambil TA sih, tpi gpp lah, soalnya agak gimana gitu kalo skrg k LPSI, agak sepi aja .. heeheehe ..

kapan gw lulus ?? pertanyaan yang paling banyak muncul di pikiran gw, sebenernya sih simpel aja jawabannya, setelah gw lulus ngerjakan TA, makan gw bisa lulus kuliah, gampang kan ?? iya, emank gampang, yang susah itu ngerjain TA nya ..
GEBLEK !!

yah, doakan saja semoga semester depan saya bisa mulai mengerjakan tugas akhir tanpa halangan ,, amiiinnn ..

salam olahraga ..

H2

another boring day, seperti biasanya, gw yang lagi liburan di lampung ato lebih tepat nya di rumah, mengalami gejala kejenuhan akut, dimana gejala2 ini timbul dikarenakan ketiadaan akan kegiatan yang bersifat fun yang bisa gw lakukan di sini. FYI, my last fun activity adalah mendengarkan file2 audio digital gw melalui headphone dan IEM yang gw punya. well, setidaknya mereka bisa sedikit menghilangkan kejenuhan gw, tapi dikiiiiittt, dikit banget .
Dan sekarang tingkat kadar jenuh yang gw alami makin hari makin bertambah aja, dengan tidak adanya hiburan dan banyak2 problem internal yang harus di gw hadapi, membuat tingkat kejenuhan gw hampir mendekati limit nya ..
kerjaan gw cuma tidur, baca komik, tidur, baca komik, dan sedikit olahraga di pagi/sore hari ..
That’s it !

But, karena itu gw mutusin buat cari hiburan dikit, dan secara sengaja, gw nemuin sebuah komik, yang emank dulunya gw ngefans berat sama komik ini, salah satu komik kesukaan gw, yepp, it’s H2 manga by Adachi Mitsuru. Oke, gw sadar ko, ini komik emank udah jadul banget, udah tamat di tahun 2006 kalo gk salah, but, i’m still love it .

Manga ini bercerita tentang dua sahabat, Hiro Kunimi dan Hideo Tachibana yang menjadi andalan tim baseball mereka pada saat smp, namun karena sedikit insiden yang terjadi, Hiro memilih untuk masuk sma yang tidak mempunyai klub baseball, sedangkan hideo sendiri memilih masuk smu yang pada saat itu menjadi kandidat calon juara dengan menjadi ace di klub baseball tsb. Persaingan mereka di dalam baseball sangat menjadi2 setelah hiro dan Haruka Koga mendirikan klub baseball di smu mereka. Sedangkan persaingan mereka di luar baseball semakin hot dengan adanya Hikari Amamiya, teman masa kecil hiro, sekaligus cinta pertama hideo. Adachi Mitsuru, selaku pembuat komik ini, benar2 bisa mengacak2 emosi para pembaca gw dengan gambar2 dan pemilihan dialog yang terkesan sederhana, namun memiliki makna yang sangaaaaaaat dalam . Dan jujur aja, gw baca komik ini, gw merasa menyesal dengan waktu 3th yang gw habiskan di SMU,, ckckckckckck ..
Komik ini bisa menjadi pilihan, sambil menunggu waktu buka puasa, juga bernostalgia dengan komik2 lama, dan tersenyum karena kekonyolan khas Adachi,,

PS : gw sendiri lupa ending nya gimana komik ini, abis, jilid terakhir komik ini gk ada ditempat biasa gw nyewa komik, damn! padahal udah penasaran banget!

anyway, this is a good manga for you all ..

Gw sang Jeniuss ..

Kelam
Jiwa tak begitu kokoh untuk memahami arti sebuah cerita
Cerita nyata dari secuil hati yang tertutupi
Dicurahkan segalanya ke jiwa usang
Minta untuk dipahami, tapi tak berfikir artinya
yang lalu dihempaskan terbang tanpa peduli ..

well,, smalem gw di sms sama salah satu sobat gw, entah ada angin apa, tiba2 aja dy sms gw, dan isi sms nya itu sama persis kayak yang gw taro di atas, ato lebih tepatnya gw copas di atas ..
dan sobat gw ini, cupu nya gk ketulungan, ngapain coba dy sms gw kayak gitu, padahal, gw paling gk bisa bahasa Indonesia yg berhubungan dengan puisi ato prosa kayak gitu ..

Setelah 2 jam menerka nerka,
memahami baris perbaris,,
membaca kata perkata,,
menulusuri huruf perhuruf,,
serta menebak nebak maksud yg ingin disampaikan,,
akhirnya gw mulai sadar apa maksud dari tulisan2 di atas, gw mulai mendapatkan satu pencerahan mengenai isi dari tulisan itu,, dan akhirnya gw simpulkan bahwa,, GW EMANK GK NGERTI MASALAH/MAKSUD DARI PUISI ATO PROSA ITU !! T.T

selesai ..

Demikianlah kepintaran kegoblokan gw dalam hal puisiprosa ato apalah namanya itu  berlanjut ..
Hell yeah .. !!!

*update : kata sohib gw, tulisan ini menggambarkan “emosi jiwa” ..
tapi tetep aja gw gk ngerti .. ToT

BISNIS CERDAS UNTUK MEMBANTU PROSES MANAJEMEN RANTAI PASOK

BISNIS CERDAS UNTUK MEMBANTU PROSES MANAJEMEN RANTAI PASOK

A. Pendahuluan

Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) adalah sebuah proses yang mencakup mulai dari produksi sebuah produk atau barang sampai produk atau barang tersebut sampai ditangan konsumen. Sebuah Supply Chain (rantai suplai) merujuk kepada jaringan yang rumit dari hubungan yang mempertahankan organisasi dengan rekan bisnisnya untuk mendapatkan sumber produksi dalam menyampaikan kepada konsumen. (Kalakota, 2000, h197)

Tujuan yang hendak dicapai dari setiap rantai suplai adalah untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara kesulurahan. (Chopra, 2001, h5)

Dalam era teknologi informasi saat ini, dimana kemajuan teknologi menjadi salah satu kebutuhan baik itu untuk pemakaian personal ataupun bagi kepentingan perusahaan. Teknologi pun menjadi salah satu titik vital untuk mencapai tujuan. Sama halnya dengan proses rantai pasok, dimana dengan menimplementasikan rantai pasok saling terintegrasi akan meningkatkan kesluruhan nilai yang dihasilkan oleh rantai suplai tersebut. Untuk melakukan hal itu maka dibutuhkanlah teknologi yang mampu untuk menunjang proses rantai suplai tersebut. Bisnis cerdas yang merupakan sebuah teknologi dapat membantu perusahaan untuk lebih bisa meningkatkan dan memaksimalkan nilai dari proses rantai pasok tersebut.

B. Peranan Bisnis cerdas Dalam Proses Manajemen Rantai Pasok

Pada saat ini, dimana kompetisi pasar semakin tinggi persaingannya, bisnis cerdas seolah berubah menjadi juru penyelamat bagi perusahaan. Bisnis cerdas berkembang menjadi sebuah trend dalam rantai pasok perusahaan. Karena hal itulah, maka sampai saat ini bisnis cerdas merupakan salah satu faktor penting dalam proses manajemen rantai pasok perusahaan.

Hal hal yang ditawarkan oleh sebuah teknologi bisnis cerdas adalah kemampuan untuk mengumpulkan data, menganalisa data dan juga membantu seorang manager perusahaan untuk mengambil keputusan terkait dengan hal rantai pasok perusahaan berdasarkan hasil analisa dari data yang ada.

Dengan beragam ‘tools’ dari bisnis cerdas, seperti Data Warehouse, Data Mining, Reporting and Query Tools, serta Online Anlytical Processing (OLAP) yang dapat digunakan perusahaan untuk mendapat informasi informasi yang dibutuhkan perusahaan ataupun manager untuk mengambil keputusan berdasarkan keadaan pasar dan hasil analisa OLAP.

Jika dibandingkan dengan bisnis cerdas tradisional yang hanya terfokus pada penydiaaan laporan keuangan ataupun laporan pelanggan, serta laporan analisis perbandingan antara satu variabel dengan variabel lain, bisnis cerdas yang sekarang lebih ditujukan dengan pendekatan yang lebih progresif dengan tolok ukur kinerja perusahaan berdasarkan tujuan utama dari perusahaan tersebut. Bisnis cerdas sekarang tidak hanya memantau kinerja perusahaan pada saat ini saja, tetapi juga mengarahkan perusahaan untuk lebih fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan itu sendiri.

Sebagai contoh, dalam hal meminimalkan biaya perusahaan, bisnis cerdas berperan banyak dalam hal tersebut. Pengurangan biaya dapat dilakukan dengan cara memesan dalam jumlah besar dan  meminimalkan pengeluaran. Sistem bisnis cerdas dapat digunakan untuk menentukan tingkat dan jumlah pesanan secara optimal, juga dapat meminimalkan pengadaan inventaris material bagi perusahaan. Selain itu perusahaan juga dapat menentukan jumlah order, dan menyusun sistem pengeluaran perusahaan secara minimal. Selain itu, perusahaan juga dapat menganalisa keseluruhan proses rantai pasok dan menghilangkan proses proses yang tidak efisien bagi perusahaan demi menghemat biaya pengeluaran.

C. Kesimpulan

Teknologi yang terus berkembang selalu memudahkan kita untuk melakukan sesuatu. Bisnis Cerdas sebagai sebuah teknologi, mampu menawarkan berbagai kelebihan jika digunakan secara tepat. Tak terkecuali dalam bidam Manajem Rantai Pasok, dalam bidang ini, bisnis cerdas berperan besar dalam meningkatkan mutu dan integritas secara keseluruhan proses rantai pasok tersebut, sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisa bisnis cerdas. Dengan menggunakan tools seperti Data Mining, Data Warehouse, dan Online Analytical Processing (OLAP) perusahaan dapat semakin bersaing dengan competitor lainnya dengan mengembangkan strategi baru berdasarkan hasil analisa bisnis cerdas.

Reference :

Surabaya Shopping Festival ..

eniwei,, setelah bertahun tahun tinggal di Surabaya, gw baru sadar kalo ternyata Surabaya punya event tahunan yang menurut gw very uniquely ..
apa itu ?? yap,, Surabaya Shopping Festival ato arek arek suroboyo biasa bilang SSF ..

*btw, kenapa gw cuma dapet gambar ssf yg tahun 2009 yah ??*

Dan sekali lagi gw bilang, event ini tergolong unik banget, kenapa ?? Karena di hometown gw, di Lampung, gk ada sama sekali event kyk gini. Sederhananya aja, dengan adanya SSF ini, paling gk frekuensi buat diskon gede2an di mall bakan lebih banyak, jadi gk cuma pas mau lebaran aja pada diskon gede2 an, hehehehehe ..
tapi walopun event kayak gini diadain tiap tahun di Surabaya, gw tetep aja gk pernah mendapatkan diskon untuk barang yang gw beli,, T_T ..

tapi di balik semua itu, SSF emank mempengaruhi animo masyarakat Surabaya buat shopping sepuas puasnya,, bahkan ada beberapa mall yang menggelar program Late Night Shopping ..    Wooooowww, ternyata bukan cuma warnet doank yang ada paket tengah malem, tapi mall juga ada,, wkwkwkwk ..

First Post ..

hahahha,, postingan pertama setelah vakum sekitar hampir 3 semester,, wuiihh, lama juga yah, secara ini blog gw inget banget di bkin pada waktu semester baru, d saat anak anak 07 a.k.a. anak anak genesis masih tergabung dalam kegiatan “07 GO BLOG” yang dicetuskan oleh sdr. yeyekh ..

eniwei, sekarang anak anak genesis lagi pada super sibuk semua, -termasuk gw juga sih yang sok sibuk-, dengan adanya tugas2 semester 6  yang makin menggila, sangat sangat sungguh mengGILA .  Yang menyebabkan syaraf ngeblog nya jadi putus semua ..

hahahaha,, yaudah deh, gw juga makin lama makin gk jelas ini tulisan, jadi kita sudahi sampai d sini aja dulu perjumpaan kita ..

sampai jumpa pada postingan berikut nya ..

Balik lagi ..

hmmm, sudah lama juga  neh blog gk d urus, maklum, yang punya lagi gk sempet ngurusin blog ini..

enyway, enaknya ngapain yah ??
oia, berhubung sekarang lagi bulan ramadhan, gue mau ngucapin met menajalankan ibadah puasa aja buat semua nya,, mari jadikan bulan ini sebagai tolakan untuk menjadi diri kita yang lebih baik..

amiinn .. ^^

2nd Tour : Lamongaaaan !!!!!

kutulis posting ini pada malam hari, dimana hanya ditemani rintik hujan yang mengguyur deras.. dengan perut lapar dan kaki pada kapalan gara2 maen futsal gk pake sepatu,,, owh,, sungguh malang nasib mu cumz…

beh,, ko malha jadi curhat,, oke kita mulai saja perjalanan kali ini menuju lamongan, dengan tujuan utama adalah WBL (Wisata Bahari Lamongan). Dengan beranggotakan tim tetap 3 orang ( there, ajenk , dan Cumz) ditambah dengan anggota baru yaitu “She” – yang notabene termasuk dalam jajaran Cupu of the week -, serta seorang lelaki yang telah direkrut oleh ketua tim yaitu ajeng untuk jadi penunjuk jalan menuju WBL.

maka dimulailah perjalan menuju WBL, ada yang beda pada trip kali ini,, yupz,, kali ini tanpa kehadiran sebuah peta dan cemilan dalam perjalanan,, setelah menempuh sekitar 70km atau lebih (soalny gk ngitungin kilometer) akhirnya kita sampai juga di WBL, walopun sempet ada little accident dimana motor tere yang Cumz pake ampir masuk kedalem kolong truk – jelas aja, sopir truk nya seenaknya- , untung aja gk ada korban jiwa yang terluka .

Di dalem, berbagai hal cupu mulai tampak,, mulai dari ajeng yang emank udah cupu, maen kano tapi malah dy yang narik kano trus nambah lagi she jadi cupu waktu maen gokart, dan there – aku lupa, there cupu waktu  kapan yah ?? – ,,

eniwei.. saya juga mau minta maap ama mas nano,, kita lupa bayar es teh ama kerupuknya,, jadi saya mewakili teman2 seperjalan memohon maaf yang sebesar-besarnya dan seikhlas-ikhlasnya atas apa yang telah kami perbuat.. maafkan kami…. :-p

finally,, ini lebih asyik daripada di madura… ^^

akhirnya nyampe juga..

gate WBL

si cupu  gk bisa naek

lagi ngeliat pa tuh??

pengen terjun ajah

ketauan sypa yang paling keren?

nice yupz ...

oia,, gue juga sempet mengagumi keindahan “Garnet” dan “Quartz”. That so beatuful …

Quartz Sphere

Garnet